SinergicegahNAPZA

Sinergi Cegah Napza Bersama Puskesmas Pulo Lor

Kamis, 20 Oktober 2022, MTsN 4 Denanyar Jombang Bersama Puskesmas Pulo Lor mengadakan penyuluhan tentang NAPZA dan HIV/AIDS. Pada kesempatan kali ini, sebanyak 40 siswa perempuan mendapat materi penyuluhan tentang bahaya NAPZA serta penyebaran HIV/AIDS. Empat puluh siswa perempuan tersebut merupakan kader dari dokter cilik MTsN 4 Denanyar Jombang. Penyuluhan ini dihadiri oleh dua petugas Puskesmas Pulo Lor yaitu Ibu Rizky dan Bapak Zuhdi. Selain itu penyuluhan ini juga dihadiri oleh Ibu Wiwik selaku Waka Kesiswaan dan Bapak Syahid selaku Waka Kehumasan. Tak lupa pula pendampingan oleh mahasiswa PPL Universitas Hasyim Asyari, Jombang, Jawa Timur.

Penyuluhan tentang NAPZA dan HIV/AIDS di MTsN 4 Jombang

Mungkin beberapa dari kalian ada sudah tidak asing dengan istilah narkoba dan teman-temannya. Untuk menambah khasanah pengetahuan kalian, yuk simak sedikit penjelasan tentang NAPZA dan HIV/AIDS.

Penyalahgunaan NAPZA atau narkoba adalah salah satu hal yang paling meresahkan di kalangan remaja saat ini. NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Istilah lain kepanjangan dari NAPZA adalah narkoba yang berarti narkotika dan obat atau bahan berbahaya. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik itu sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan menyebabkan ketergantungan. Sedangkan sikotropika adalah jenis obat yang bekerja dengan cara memengaruhi saraf. Selain narkoba dan psikotropika, terdapat juga zat adiktif lainnya yang termasuk ke dalam NAPZA. Zat adiktif lainnya yang dimaksud adalah semua jenis zat selain narkoba dan psikotropika yang dapat menimbulkan kecanduan atau ketergantungan pada penggunanya. Sedangkan HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. Penularan HIV terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. Perlu diketahui, HIV tidak menular melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik.

Perwakilan Siswa-siswi mengikuti penyuluhan tentang NAPZA dan HIV/AIDS

Penyuluhan tentang NAPZA dan HIV/AIDS yang dilakukan di MTsN 4 Denanyar Jombang ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah para siswa dari bahaya pergaulan bebas. Setelah penyuluhan ini, diharapkan para siswa bisa menjaga diri dan peka terhadap teman sekitar jika ada yang terindikasi terkena ganasnya NAPZA. Selain itu peserta penyuluhan ini juga diberi tugas lanjutan.

Tugas lanjutannya adalah menyampaikan materi tentang NAPZA/HIV AIDS kepada teman-teman satu kelasnya yang tidak mengikuti penyuluhan. Selain itu, mereka juga diberi tugas untuk membuat poster tentang pencegahan NAPZA dan HIV/AIDS yang akan ditempel di pojok kelas masing-masing. (Alifah)

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *