khidmatHSN

KHIDMAT HARI SANTRI

BERDAYA MENJAGA MARTABAT MANUSIA. Slogan yang tergaung di seluruh negeri untuk peringatan hari santri 2022. Setiap tanggal 22 Oktober, peringatan hari santri selalu memberi warna tersendiri di Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh civitas akademika di lingkungan Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang mengikuti upacara akbar di halaman kampus 3 MTsN 4 Denanyar Jombang. Upacara kali ini sangat khidmat dan mampu menyentuh hati para peserta upacara. Upacara peringatan kali ini juga mampu meninggalkan kesan tersendiri sehingga memunculkan kebanggaan dan semangat mengharumkan serta membumikan Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang.

Upacara Peringatan HSN 2022 di Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang

Upacara dimulai tepat pukul 07.00. Seluruh peserta upacara disiapkan. Selanjutnya,  pembacaan ayat-ayat suci Al Quran yang sangat indah dilantunkan oleh petigas upacara. Pembacaan tersebut  mampu memberi keteduhan di tengah terik matahari kala itu. Setelah pembacaan ayat suci Al Quran, Ibu Muniroh Iskandar selaku pembina upacara dipersilahkan untuk memasuki lapangan upacara. Upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih sebagai bentuk penguatan rasa nasionalisme di hati para santri. Para santri hanyut dalam nyanyian Indonesia Raya yang menggema memecah langit Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Selanjutnya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sejenak guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi NKRI tercinta.

Pembacaan Teks Resolusi Jihad NU sebagai cikal bakal lahirnya hari santri dikumandangkan dengan penuh semangat oleh petugas upacara. Teks Resolusi Jihad NU dibaca sebagai pengingat dan pemantik semangat para santri agar selalu menjaga kesatuan NKRI dan garda terdepan jika kesatuan NKRI terancam. Setelah pembacaan Teks Resolusi Jihad NU, tibalah waktunya Ibu Muniroh Iskandar selaku pembina upacara membacakan amanat yang menjadi inti dari peringatan hari santri ini. Ibu Muniroh Iskandar membacakan teks sambutan dari Menteri Agama untuk hari santri 2022. Amanat tersebut berisi seruan bahwa santri harus lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Santri tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama. Santri tidak boleh melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. Setelah amanat selesai seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Mars Syubbanul Wathan (Yaa Lal Wathan), lagu hari santri 2022, dan Mars Mambaul Ma’arif dengan penuh semangat. Kemudian upacara ditutup dengan doa.

Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Upacara kali ini mampu mmenatik semangat para santri untuk lebih bisa menjalankan perannya di tengah masyarakat. Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Mari menjaga kesatuan NKRI demi Indonesia Jaya.

5 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *